BAA UMS Sediakan Mesin Pencetak Transkrip Nilai Mandiri

0
291

UMS, pabelan-online.com – Biro Administrasi Akademik (BAA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) lakukan terobosan baru pada pelayanan transkrip nilai dengan menyediakan mesin transkrip nilai mandiri. Mesin yang berada di Gedung Induk Siti Walidah UMS masih dalam tahap uji coba.

Guna memaksimalkan pelayanan BAA kepada mahasiswa sekaligus mengurangi beban pikiran pihak fakultas dan Tata Usaha (TU), BAA UMS sediakan mesin transkrip nilai mandiri yang bisa diakses sendiri oleh mahasiswa. Saat ini sudah ada satu mesin yang digunakan sebagai sampel.

Selaku Kepala Urusan Pengembangan Sistem Information Technology (IT), Wuryanto mengatakan bahwa mesin yang berada di Gedung Induk Siti Walidah ini masih dalam tahap uji coba. Ia mengungkapkan, bahwa belum pasti sampai kapan tahap uji cobanya selesai.

Mengenai rencana konsep penggunaan mesin, Wuryanto mengatakan bahwa mesin tersebut bisa digunakan apabila mahasiswa ingin melakukan cetak transkrip nilai, Kartu Hasil Studi (KHS) ataupun Kartu Rencana Semester (KRS).

Caranya dapat dilakukan dengan log in ke Sistem Terpadu Akademik Reguler (STAR) UMS, kemudian lakukan pemesanan sesuai kebutuhan, setelah itu baru dapat dilakukan pencetakan di mesin tersebut.

“Ada rencana kalau penempatan mesin ini akan diletakan di setiap gedung, namun bukan berarti di setiap fakultas tersedia,” tutur Wuryanto, Kamis (26/11/2020).

Baca JugaTerkendala Izin Kampus, Proker Lapangan UKM UMS Banyak yang Tertunda

Di akhir wawancara, Wuryanto menambahkan bahwa masih banyak yang perlu dipertimbangkan dan butuh persiapan yang lebih, seperti volume penggunaan kertas, pemeliharaan mesin, dan sistem pelayanan seperti apa yang akan diterapkan.

Menanggapi informasi tersebut, salah satu mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Yessica Anindita berpendapat jika proses pelayanan seperti itu bisa lebih mempersingkat proses. Ia mengatakan, bahwa pelayanan transkrip nilai mandiri dengan mesin ini juga dinilai lebih efektif, baik dari pihak BAA maupun mahasiswa.

“Kalau sudah mulai kuliah luring, bisa lebih memberikan dampak efektif bagi mahasiswa dan prosesnya lebih cepat juga,” tuturnya, Senin (23/11/2020).

Reporter         : Wike Tri Wulandari

Editor             : Novali Panji Nugroho