BEM FEB UMS: Kenalkan Mahasiswa Baru Pada Organisasi Kampus Lewat Pendidikan Organisasi

0
146

UMS, pabelan-online.com – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar acara Pendidikan Organisasi secara virtual lewat Google Meet untuk mahasiswa baru. Kegiatan ini diikuti oleh 42 mahasiswa baru FEB yang telah diseleksi.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih jiwa berorganisasi para mahasiswa baru agar dapat mengenali mekanisme dan perangkat-perangkat yang ada di dalam organisasi, seperti Organisasi Mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Di hari pertama, Pendidikan Organisasi diisi oleh dua pemateri, yaitu M.B. Sudinadji selaku Dosen Psikologi UMS dan Anton Agus Setyawan selaku Wakil Dekan (WD) I FEB UMS.

M.B. Sudinadji dalam pemaparannya menjelaskan mengenai pengendalian motivasi dalam berorganisasi. Menurut Sudinadji, perlunya pengendalian diri untuk kembali ke tujuan awal masuk ke organisasi. “Agar kita dapat tergerak, produktif, dan menjadi dinamis kembali dalam keorganisasian,” ungkapnya, Sabtu (28/11/2020).

WD I FEB UMS, Anton Agus Setyawan dalam kegiatan ini mengatakan bahwa dalam berorganisasi, program kerja harus disusun sesuai dengan visi dan misi organisasi tersebut. Setiap program kerja yang disusun harus berkaitan dengan organisasi dan harus memiliki tujuan jangka pendek hingga jangka panjang.

Baca Juga: Novum UMS: Adakan Webinar Penyuluhan Hukum Bahas UU Kontroversial

“Minimal harus punya tujuan jangka menengah. Indikator kuantitatifnya pun harus jelas. Setiap program kerja perlu disusun dengan jelas antara tujuan dan indikatornya,” tutur Anton, Sabtu (28/11/2020).

Salah satu peserta acara Pendidikan Organisasi, Shely Widia Putri menanggapi kegiatan tersebut. Ia mengatakan, bahwa Pendidikan Organisasi yang telah ia ikuti sangat bermanfaat. “Dapat memotivasi mahasiswa baru agar bisa menjadi mahasiswa yang aktif,” ungkapnya, Minggu (29/11/2020).

Ryan Dwi Prayoga yang juga berkesempatan menjadi peserta dalam kegiatan ini mengungkapkan, bahwa meski acaranya dilakukan secara virtual, tetapi tetap tidak mengurangi esensi kegiatan Pendidikan Organisasi ini.

“Dengan banyaknya manfaat yang bisa diambil, tentu tidak menjadi masalah apabila kegiatan ini nantinya bisa dilaksanakan selama tiga sampai empat hari dengan materi yang lebih bervariasi lagi,” harap Ryan, Minggu (29/11/2020).

Reporter         : Dina Suci Ramadhani

Editor             : Novali Panji Nugroho