ECRC UMS Raih Juara 2 Urban Concept pada Kontes Mobil Hemat Energi 2020

0
172

UMS, pabelan-online.com – Tim Electric Car Research Center (ECRC) Fakultas Teknik (FT) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil meraih Juara 2 Kategori Urban Concept pada Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) Tahun 2020. Perlombaan ini dilaksanakan secara bertahap mulai 15 Oktober-30 November 2020, melalui platform Zoom.

Dikutip dari dokumen ECRC, KMHE merupakan sebuah event nasional yang diadakan oleh DIKTI dan Universitas Indonesia (UI) yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi mahasiswa teknik seluruh Indonesia untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku kuliah, serta meningkatkan kreatifitas, disiplin, dan kemampuan soft skill beserta hard skill.

Syaefudhin, General Manajer ECRC mengungkapkan, bahwa persiapan yang dilakukan tim ECRC UMS sudah cukup lama, yakni dari tahun 2019 karena sebagai bahan evaluasi pada periode 2020. ECRC pada periode 2020 mempunyai visi yaitu menjadi juara di KMHE 2020, sehingga ECRC terus melakuan evaluasi, perbaikan, dan mendesain ulang mobil listrik, baik urban maupun proto.

“Semua itu juga karena dosen pembimbing kami, Muhammad Al Fatih Hendrawan yang sangat antusias dalam mendukung perlombaan KMHE ini dan setiap melakukan desain, proses manufacturing, dan sebagainya didiskusikan bersama dengan dosen pembimbing dan tim,” ungkapnya, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Optimalisasi Potensi Mahasiswa Lewat Seminar Nasional Online HMP Pendidikan Matematika UMS

Trisula EUV-21 merupakan tipe mobil listrik kategori Urban yang diproduksi oleh tim ECRC. Tim ECRC mempunyai dua mobil listrik, yaitu Urban (Trisula EUV-21) dan Proto (Ababip Evo-2). Pada event KMHE tersebut, UMS mengirimkan dua tim, yaitu tim ECRC dan Bayu Surya yang berjenis Prototype tingkat jurusan Teknik Mesin. Tim Trisula terdiri dari tujuh orang mahasiswa yang berasal dari Fakultas Teknik.

Dihubungi via WhatsApp, Arif Rahman Hakim salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro mengungkapkan, bahwa dirinya merasa bangga karena pembuat ECRC itu terdapat beberapa mahasiswa dari Prodi Teknik Elektro.

“Semoga ECRC bisa menghasilkan mobil hemat energi yang lebih baik lagi, sehingga dapat diproduksi untuk ke depannya di era modern ini, guna menghemat energi,” harap Arif, Kamis (3/12/2020).

Reporter         : Gardena Dika Muharomi

Editor             : Rifqah