PMB UMS 2020: Pendaftaran Melalui E-Seleksi

0
214

UMS, pabelan-online.com – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tahun ajaran 2021/2022 resmi dibuka mulai tanggal 1 Desember 2020. Jalur pendaftaran dilakukan melalui e-seleksi (seleksi online) dengan mengunggah nilai rapor semester satu sampai lima.

Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) menjadi hal yang paling dinantikan oleh para calon mahasiswa setiap tahunnya. UMS menjadi salah satu universitas yang mulai membuka PMB di tengah masa pandemi yakni pada bulan Desember 2020.

Selaku Ketua One Day Service (ODS), Riyan Candra menyampaikan bahwa jika disesuaikan dengan Surat Keputusan (SK), PMB tahun ajaran 2021/2022 dibuka pada 1 Desember 2020 dan akan ditututup tanggal 28 Agustus 2021 nanti. Calon mahasiswa dapat mendaftar atau registrasi melalui laman web e-seleksi.ums.ac.id.

“Namun waktu pendaftarannya belum pasti, diperpanjangan atau tidaknya karena memang sebelumnya PMB diperpanjang lantaran pandemi,” ujarnya, Rabu (2/12/2020).

E-seleksi pada PMB tahun ini dilaksanakan berdasarkan beberapa pertimbangan, yakni  nilai rapor, prestasi siswa, dan akreditasi sekolah. Setelah melengkapi persyaratan dan registrasi, calon mahasiswa perlu menunggu beberapa hari untuk validasi. Setelah dilakukannya validasi, alur selanjutnya yakni datang ke UMS untuk registrasi online sekaligus mencetak kartu tanda Mahasiswa (KTM) dan mengambil jas alamamater.

Riyan mengungkapkan, bahwa selama kurung waktu dua hari pelaksanaan PMB dibuka belum terdapat kendala atau masalah sama sekali. Ia juga menyebutkan bahwa sudah terdapat sekitar 150 calon mahasiswa yang telah mendaftar.

Di akhir wawancara, Riyan juga sempat menyampaikan untuk para calon mahasiswa agar sebelum mendaftar membaca terlebih dahulu mengenai tata caranya di web pmb.ums.ac.id. Lantaran masih banyak calon mahasiswa yang tiba-tiba mendaftar dan terdapat banyak kurangnya dalam pendaftaran.

Dihubungi pada kesempatan yang sama, Pramudya Dexsa Perdhana, salah satu mahasiswa Program Studi (Prodi) Ilmu Komunikasi (Ilkom) UMS menyampaikan pendapatnya. Ia mengatakan bahwasanya pembukaan PMB pada Desember ini merupakan informasi yang menggembirakan, karena membuka peluang lebih awal bagi calon mahasiswa yang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

“Semoga lebih banyak lagi calon mahasiswa yang terjaring ke UMS dan ODS lebih efektif dalam menyeleksi calon mahasiswa,” ungkap Pram, Rabu (2/12/2020).

Reporter         : Anisa Yuliana Pertiwi

Editor             : Mulyani Adi Astutiatmaja