Mahasiswa Parkir Sembarangan, Akses ke Area Parkiran Terganggu

0
306

UMS, pabelan-online.com – Banyak mahasiswa terlihat memarkirkan motornya sembarangan di depan Kantor Senat Gedung I UMS. Satpam lalu memberi imbauan dengan memasang plakat larangan parkir, lantaran mengganggu akses keluar masuk kendaraan di sekitar area parkiran.

Agung, selaku Mahasiswa Geografi menyampaikan keresahan akan adanya oknum yang memarkir kendaraan secara sembarangan. Dilihat dari segi pemandangan, hal itu jelas tidak mengenakkan untuk dilihat, terlebih lagi juga menyebabkan terganggunya akses parkiran. Menurutnya, Ormawa sekitar sebaiknya juga harus membantu dengan memberikan contoh yang baik.

“Satpam juga diharapkan dapat selalu mengingatkan mahasiswa yang melanggar tersebut, jika perlu diberikan hukuman agar memberikan rasa jera dan tidak melanggar kembali,” kata Agung, Jumat (11/10/2019).

Keterbatasan lahan parkir memicu eksistensi oknum memarkirkan kendaraannya secara sembarang. Kendaraan yang diparkir di depan kantor Ormawa dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dinilai sangat mengganggu aktivitas jalan keluar masuk parkiran. Satpam Geografi, Subro menyatakan bahwa plakat pelarangan untuk oknum mahasiswa yang parkir sembarang, telah dipasang sejak lama.

baca juga Workshop BEM Geografi: Pacu Mahasiswa Ukir Prestasi Lewat PKM

Menurutnya, pemasangan plakat tersebut kurang efektif, dilihat dari banyaknya mahasiswa yang tak acuh dengan adanya plakat itu. “Terutama ketika parkiran sedang penuh, kami menjadi dilema karena banyaknya oknum yang melanggar,” ucap Subro, Jumat (11/10/2019).

Subro juga menambahkan, seluruh petugas parkiran selalu merapikan motor yang terparkir agar semua kendaraan dapat tempat parkiran. Hal itu juga ditujukan untuk memudahkan akses keluar masuk kendaraan, agar tak menimbulkan kemacetan. Dengan penambahan mahasiswa tiap tahunnya, Subro berharap agar dapat dibarengi dengan penambahan lahan parkiran.

Oknum mahasiswa yang tidak menaati peraturan, maka harus menerima konsekuensinya. Petugas Satuan Pengaman (Satpam) tidak berhak membantu mahasiswa yang melanggar aturan. Subro berpesan pada Ormawa agar tertib dengan memarkirkan kendaraan di area yang telah disediakan. “Dari pihak UKM seharusnya dapat memberikan contoh yang baik, dan tidak turut melanggar peraturan yang ada,” tukasnya.

Reporter: Tri Cahyo Utomo, Arga Rosa Wibawani, Nadia Riski, Mg_Dinar

Editor    : Alvanza Adikara Jagaddhita